Assalamualaiakum, hai... pada pertemuan kali ini, kamu akan mengkaji tentang analisis mengenai dampak ligkungan dalam pembangunan berkelanjutan atau disebut AMDAL, apakah yang dimaksud dengan AMDAL?





Sebelum mempelajari tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkunan dalam pembangunan berkalnjutan, Lakukanlah uji pemahaman kamu dengan pijit tombol berikut:

Bagaimana bisa tesnya tadi? Jika merasa belum paham tidak apa-apa. Agar kemu lebih memahami mengenai AMDAL dalam pembangunan berkelanjutan, yuk simak materi mengenai AMDAL dalam pembengunanberkelanjutan di bawah ini
==============================
AMDAL adalah singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Dalam Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan disebutkan bahwa AMDAL merupakan kajian mengenai dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada Iingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

AMDAL sendiri merupakan suatu kajian mengenai dampak positif dan negatif dari suatu rencana kegiatan/proyek, yang dipakai pemerintah dalam memutuskan apakah suatu kegiatan/proyek Iayak atau tidak Iayak Iingkungan. Kajian dampak positif dan negatif tersebut biasanya disusun dengan mempertimbangkan aspek fisik, kimia, biologi, sosial-ekonomi, sosial­ budaya dan kesehatan masyarakat.


Berikut ini dampak akibat kegiatan tambang di Kalimantan yang sangat miris. Kurangnya Analisis sebelum kegiatan penambangan berdampak pada berbagai aspek. Seperti yang terjadi di bawah ini, perhatikan video berikut:


Setelah kamu mengamati video di atas, bagaimana pendapat kamu tentang dampak dari penambangan batu bara tersebut? Kita Diskusi Yuk... (Pakai nama asli ya ^_^)


============================



 

Alhamdulillah, serukan diskusi membahas pentingnya amdal dalam suatu kegiatan penambngan. Jangan sampai lingkungan disekitar kita menjadi rusak hanya karena keserakahan manusia dalam mengeksploitasi alam. Serem ya?

Bagaimana sekarang sudah ada gambarankan bahwa lingkungan yang menjadi rusak dikarenakan daya dukung lingkungan yang terbatas, sedangkan kebutuhan manusia akan pemanfaatan lingkungan melebihi kapasitas atau daya dukung lingkungan.

Agar memahami lebih komplek, tentang pembangunan berkelanjutan, yuk amati video di bawah ini. 


Video 1 Pembangunan Berkelanjutan

Wah, pembangunan berkelanjutan menjadi cita-cita bersama di seluruh dunia dalam rangka terciptanya keberlanjutan, kesejahteraan bagi manuisa. Kaitannya dengan lingkungan, tentunya pembangunan berkelanjutan harus memperhatikan AMDAL. Apakah yang dimaksud dengan Amdal?

Berikut ini video tentang AMDAL, yuk simak videonya.

Video 2 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan


Alhamdulillah, sekarang kamu sudah pahamkan apa yang dimaksud dengan AMDAL dalam proses pembangunan yang berwawasan lingkungan? 

Agar kamu lebih memahami tentang AMDAL berikut ini adalah rangkuman dari video yang ditayangkan:








=================================
Ok jika kamu sudah paham tentang pentingnya amdal, coba analisislah masalah lingkungan di bawah ini, agar mendapatkan solusi terbaik.


Yuk Kita Diskusi bersama



Bagaimana hasil diskusinya? Apakah kalian menemukan solusi dari permasalahan tambang semen yang terpenting?
Alhamdulillah, diskusi sudah dilaksanakan. 


__________________________________

Setelah analisis lingkungan kamu kaji, untuk mengukur pehaman kamu tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Dalam Pembangunan Berkelanjutan, pilihlah jawaban yang tepat pada soal berikut ini.
Bismillah...



Alhamdulillah pembelajaran kali ini tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Dalam Pembangunan Berkelanjutan sudah selesai, maka kita bisa simpulkan bahwa untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan hidup, maka proses pembangunan dalam kegiatan atau usaha harus memperhatikan AMDAL. Sehingga daya dukung keberlangsungan hidup mausia akan sesuai dengan daya dukung lingkungan.

Ok, untuk mlihat kreatifitas kamu, buatlah dirumh poster tentang ajakan menjaga lingkungan agar lingkungan lestari hingga generasi yang akan datang.Alhamdulillah pembelajaran kita akhiri






Post a Comment

Previous Post Next Post