Pengertian Bioma

www.smartgegrafi-Bioma merupakan objek kajian geografi yang mengkaji terkait persebaran flora dan fauna yang dihubungkan berdasarkan karakteristik lokasi yang khas. Bioma bagian dari objek material geogrfai yaitu biosfer.

Pengertian Bioma
Bioma adalah ekosistem besar dengan daerah luas terdiri dari flora dan fauna yang khas. Bioma merupakan ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Pada dasarnya, bioma terdiri dari produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) yang di dalamnya terjadi siklus yang diawali dari tumbuhan. 


Karakteristik Bioma

Ciri utama dari bioma adalah dominasi vegetasi tertentu di suatu wilayah dengan pengaruh kondisi iklim regionalnya. Sehingga perbedaan antarbioma tampak jelas dari vegetasi yang tumbuhan di dalamnya. Bioma dibagi dalam beberapa jenis yang didasarkan pada iklim, curah hujan, letak geografis, dan intensitas cahaya matahari.


Ciri-Ciri Bioma 

  • Terbentuknya interaksi unsur-unsur lingkungan yaitu air, iklim, tanah, dan organisme yang hidup di suatu daerah. 
  • Merupakan komunitas klimak (kumpulan macam-macam populasi). Sebagai penanda daerah tersebut terdapat bentuk vegetasi utama yang mendominasi. 
  • Komunitas yang cukup stabil, kecuali di suatu kejadian yang mengganggu dalam kestabilan komunitas. 
  • Dapat dikenali dengan melihat dominasi vegetasinya. 
  • Penamaan bioma yang umumnya didasarkan pada dominasi vegetasinya.
    Share on Google Plus

    About Tuti Rina Lestari

    Selamat datang di smartgeografi.com, refernsi belajar mudah seputar materi geo, olimpiade, fenmena, dan tips belajar mudah geografi.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Featured post

    Siklon Tropis Dahlia

    smartgeogrfai.com  - Fenomena alam akhir-akhir ini diramaikan dengan kehadiran Dahlia. Siapakah ia? Dahlia adalah nama bunga yang digunak...