Prinsip Geografi

Smart Geografi - Prinsip geografi merupakan dasar untuk menjelaskan berbagai fenomena geografi. Prinsip geografi terdiri atas empat macam, yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi dan korologi.


1. Prinsip Persebaran adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan persebaran gejala di permukaan bumi yang cenderung tersebar tidak merata. Contohnya tambang emas di Indonesia tidak dapat ditemukan di setiap wilayah Indonesia.

2. Prinsip Interelasi adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan hubungan timbal balik (interelasi) antara gejala yang satu dan gejala yang lainnya. Contohnya Indonesia memiliki banyak gunung aktif karena berada di pertemua tiga lempeng tektonik. 

3. Prinsip Deskripsi adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan pemaparan (deskripsi) suatu gejala di permukaan bumi baik melalui tulisan, tabel, diagram, peta, atau video. Contohnya Tsunami tahun 2004 diakibatkan dari gempa dengan kekuatan 9 kala Richter telah memakan korban kurang lebih 280.000 jiwa. 

4. Prinsip Korologi adalah prinsip geografi yang berkenaan dengan kajian gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari aspek persebaran, interelasi, dan interaksinya dalam ruang (permukaan bumi) yang membentuk suatu integritas atau kesatuan tertentu.
Share on Google Plus

About Tuti Rina Lestari

Selamat datang di smartgeografi.com, refernsi belajar mudah seputar materi geo, olimpiade, fenmena, dan tips belajar mudah geografi.

0 komentar:

Post a Comment

Featured post

Siklon Tropis Dahlia

smartgeogrfai.com  - Fenomena alam akhir-akhir ini diramaikan dengan kehadiran Dahlia. Siapakah ia? Dahlia adalah nama bunga yang digunak...