KOMODO: Si UNIK DARI NTT

smart geografi - Komodo meupakan hewan yang dinobatkan sebagai salah satu nominator dari tujuh keajaiban dunia. Keunikan yang dimiliki komodo yaitu karena hewan ini merupaka spesies peninggal masa purba, dan hewan ini mampu berkembang biak tanpa ada perkawinan dengan komodo jantan. Dikutip dari pesona indonesia bahwa hasil penelitian awal tahun 2006 seekor komodo di London mampu bertelur meski dipisah dengan jantan selam 2 tahun. Tercatat juga di kebun binatang Chester, Inggris menghasilkan telur meski tanpa pembuahan oleh jantan sebanyak 11 telur. Pengamatan sejenispun di lakukan di Liverpool di Inggris dan Kebun binatang di Kansas (Sedgwick County di Wichita), membuktikan bahwa komodo mampu berkembang biak tanpa ada perkawinan dengan spesies jantan. Ternyata Indonesia memilii binatang yang unik. Luar biasa.
sumber: national geographic

Fenomena komodo sepeti ini, dalam ilmu pengetahuan disebut dengan parthenogenesis, yaitu terjadi karena komodo betina memiliki sistem penentuan seks kromosomal ZW dan bukan sistem penentuan seks XY sebagaimana dimiliki manusia. Fenomena seperti ini menguntungkan bagi perkembangbiakan sehingga tanpa ada komodo jantan, komodo betina masih bisa berkembang biak. Proses perkembangbiakan seperti ibi dapat menghasilkan 15 hingg 30 butir teur, waktu yang dibutuhkan untuk mengerami telurnya higga 7-8 bulan biasanya sekitar bulan April. Komodo dapat tumbuh menjadi dewasa membutuhkan waku hingga tiga sampai lima tahun untuk menjadi dewasa, dan masa hidupnya hingga 50 tahun.

Komodo termasuk spesies langka yang hampir punah. Bencana alam, kebakaran, kerusakan habitat, dan berkurangnya mangsa merupakan beberapa hal yang mengancam habitat dan kehidupan komodo. Habitat aslinya komodo hanya dapat di temukan di Indonesia. Habitat ini berada di kawasan Taman Nasional Komodo dan beberapa pulau lainnya di Nusa Tenggara. Keunikan dan kelangkaan komodo telah menjadikan spesies ini dinobatkan sebagai A World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada 1986. 

Fenomena unik di Indonesia ini merupakan kajian dalam materi keragaman flora dan fauna pada mata elajaran geografi. Kommodo menempati hewan khas dari Indonesia yang masuk dalam kelompok hewan peralihan yang terletak di kawasan pulau Nusa Tenggara. 

Share on Google Plus

About Tuti Rina Lestari

Selamat datang di smartgeografi.com, refernsi belajar mudah seputar materi geo, olimpiade, fenmena, dan tips belajar mudah geografi.

0 komentar:

Post a Comment

Featured post

Siklon Tropis Dahlia

smartgeogrfai.com  - Fenomena alam akhir-akhir ini diramaikan dengan kehadiran Dahlia. Siapakah ia? Dahlia adalah nama bunga yang digunak...