Jembatan Keledai Konsep Geografi

Smart Geografi - Konsep geografi merupakan bagian dari materi yang harus dipahami oleh siswa kelas 10 SMA pada mata pelajaran geografi. Adapun konsep dalam geografi yaitu jarak, keterjangkauan, morfologi, pola, diferensiasia area, interaksi dan interdependensi,  aglomerasi, nilai kegunaan, dan keterkaitan keruangan. Konsep geografi ini agar lebih mudah bisa diingat melalui metode Jembatan Keledai. Metode ini digunakan agar lebih mudah mengingat dan mudah dalam memvisualisasikan. Sehingga tidak mudah lupa dan tentunya metode ini sangat efektif mengingat hafalan dalam jangka waktu lama.  

Saya mencoba menerapkan 10 konsep geografi dengan menggunakan singkatan "JaKet Mr PoLo DI Anggo Niken Kekait Karung". Adapun penjabaran dari kalimat ini adalah:
Ja = Jarak
Ket = Keterjangkauan
Mr= Morfologi
Po = Pola
Lo = Lokasi
D = Diferensiasi Area
I = Interaksi
Anggo = Agglomerasi
Niken = Nilai Kegunaan
Kekait Karung = Keterkaitan Keruangan

Wah bahasanya campur aduk, he...ada bahasa sunda juga. Dalam proses pembuatan kalimat sah sah saja yang terpenting bagaimana mudah dalam mengingatnya. Saya memvisulisasikan dengan cara seorang  perempuan bernama NIKEN menggunakan JaKet PoLo dan jaket tersebut Kekait Karung (bahasa sunda nyangkut ke karung). He..mudah-mudahan tidak membingungkan ya. Pasti perempuan pakai jaket polo ini selalu saya ingat dalam pikiran dan 10 konsep geografi ini akan mudah saya sebutkan. 

Proses penyusunan kalimat sepeti ini membutuhkan kreativitas. Siswa bisa membuat jembatan keledai ini dengan bervariasi. Selamat mencoba dan semoga tips belajar mudah konsep geografi ini bermanfaat. 

0 Response to "Jembatan Keledai Konsep Geografi"

Post a Comment