Longshore Current

smartgeografi.com-Longshore  Current adalah arus yang bergerak sejajar dengan garis pantai. Arus ini timbul karena dua sebab: (1) gelombang yang mendekati pantai dengan arah tegak lurus terhadap garis pantai, dan (2) gelombang datang mendekati pantai dengan sudut miring. Arus sepanjang pantai ini berperanan dalam transportasi sedimen menyusur pantai.


Longshore  Current dipengaruhi oleh kecepatan dan sudut gelombang. ketika gelombnag pecah (Wave Break) bertemu dengan lereng pantai yang curam, atau sangat tinggi maka akan terjadi peningkatan kecepatan pada longshore  current. Sebaiknya gelombang pecah bertemu dengan lereng yang landai dan tinggi gelombang rendah akan memperlambat kecepatan sebuah longshore  current.

pada saat pergerakan air ini menjauhi pantai, arus ini dapat menagkap dan mengangkut sedimen pantai kembali kelaut. proses ini, dikenal sebagai "Longshore Drift" yang dapat menyebabkan erosi pantai yang signifikan.



Share on Google Plus

About Tuti Rina Lestari

Selamat datang di smartgeografi.com, refernsi belajar mudah seputar materi geo, olimpiade, fenmena, dan tips belajar mudah geografi.

0 komentar:

Post a Comment

Featured post

Siklon Tropis Dahlia

smartgeogrfai.com  - Fenomena alam akhir-akhir ini diramaikan dengan kehadiran Dahlia. Siapakah ia? Dahlia adalah nama bunga yang digunak...