Awan

smartgeografi.com - Awan merupakan kumpulan uap air yang ada di atmosfer. Berdasarjan bentuknya awan dapat dibedakan menjadi beberapa  jenis :
a.Cirrus : berserat atau seperti rambut 
b.Cumulus : bergumpal
c. Stratus : berlapis lapis
d. Nimbus : pembawa hujan 10


Proses Pembentukan Awan dan Hujan

Tetes kabut dan awan terbentuk oleh agregasi molekul uap air melalui proses kondensasi pada inti kondensasi awan yang higroskopi. Awalnya, tetes kecil tumbuh dengan cepat dalam suatu parsel udara yang mendingin, tetapi saat menjadi besar, laju pertumbuhannya menurun dengan cepat sehingga proses pertumbuhan kondensasi ini menjadi demikian lambat untuk menghasilkan tetes air berukuran tetes hujan (butuh waktu berhari-hari). Dalam „awan panas‟, tetes hujan dapat tumbuh melalui proses tumbukan dan tangkapan (collision and coalescence). Dalam proses ini, tetes besar yang jatuh akan bertambah besar akibat tumbukan dengan tetes - tetes kecil dalam lintasan jatuhnya. Mekanisme ini bekerja karena tetes besar jatuh lebih cepat daripada tetes kecil.

Share on Google Plus

About Tuti Rina Lestari

Selamat datang di smartgeografi.com, refernsi belajar mudah seputar materi geo, olimpiade, fenmena, dan tips belajar mudah geografi.

0 komentar:

Post a Comment

Featured post

Siklon Tropis Dahlia

smartgeogrfai.com  - Fenomena alam akhir-akhir ini diramaikan dengan kehadiran Dahlia. Siapakah ia? Dahlia adalah nama bunga yang digunak...