Ciri Fisik Air Laut

smartgeografi.com-Air laut dapat berdasarkan berbagai karaktersitik. Prmbahasan kali ini tentang karaktersitik air laut secara fisik. Adapun karakteristik secara fisik air lauat dapat diidentifkasi dari salinitas, konduktifitas, temperatur, tekanan, dan densitas.


1. Salinitas

Salinitas atau kadar garam air laut adalah banyaknya garam (dinyatakan dengan gram) yang terlarut dalam 1 kg air laut ketika semua karbonat sudah diubah menjadi oksida, semua bromine dan iodin sudah dirubah menjadi klorin dan semua senyawa organik sudah dioksidasi pada suhu 4800C. Dinyatakan dalam satuan permil/ppt (part per thousand) atau psu (practical salinity unit). Rentang salinitas normal pada laut terbuka berkisar 30-35 psu.
Perubahan kadar garam di laut tidak besar. Hal ini disebabkan oleh kecilnya proses penguapan bila dibandingkan dengan isi air laut tersebut. Besar kecilnya kadar garam di laut ditentukan oleh factor - faktor berikut :
1) Banyak sedikitnya air yang berasal dari gletser
2) Besar kecilnya curah hujan di tempat tersebut
3) Besar kecilnya penguapan di tempat tersebut
4) Besar kecilnya atau banyak sedikitnya sungai yang bermuara di tempat tersebut.

2. Konduktifitas

Konduktifitas air laut merupakan kemampuan air laut untuk mentransmisikan panas, listrik atau bunyi. Unit satuannya adalah Siemens per meter (S/m) dalam SI dan mikrohos per cm (mmho/cm) dalam satuan U.S. Normalnya air laut memiliki konduktifitas sekitar 2 – 5
S/m. Salinitas juga bisa diukur melalui konduktifitas air laut

3. Temperatur

Temperatur merupakan tingkat panas suatu zat. Temperatur juga merupakan sifat
termodinamika fluida, karena bergantung pada aktivitas moleku dan atom pada fluida. Semakin besar aktifitas (energi) semakin besar temperaturnya. Unit satuannya adalah derajat celcius (°C). Rentan temperatur normal air laut sekitar 0 – 33 °C Keadaan suhu perairan di laut banyak ditentukan oleh penyinaran matahari yang disebut proses insolation (incoming solar radiation). Karena bumi berbentuk bulat, maka sinar matahri yang diterima kutub dan khatulistiwa berbeda.
Pola suhu perairan laut pada umumnya :
a. Makin ke kutub makin dingin
b. Makin ke bawah makin dingin

4. Tekanan

Tekanan adalah gaya per satuan luas yang dihasilkan oleh air. Besarnya bertambah seiring bertambahnya kedalaman. Tekanan air laut umumnya dinyatakan dalam desibar. 1 dbar =10-1 bar = 105 dyne/cm2 = 104 Pa. Variasi tekanan pada laut mulai dari 0 (dekat permukaan) sampai 10.000 dbar (terdalam)

5. Densitas

Densitas suatu zat merupakan perbandingan massa dengan volumenya. Densitas air murni dalam SI adalah 1000 kg/m3. Air laut umumnya memiliki densitas 1020 – 1050 kg/m3

Sumber: Modul 13 Oseanografi ALC

1 Response to "Ciri Fisik Air Laut"