Peta Sinoptik

smartgeografi.com - Peta sinoptik dapat diartikan sebagai peta yang menggambarkan kondisi cuaca dengan ciri adanya simbol-simbol. Simbol yang digunakan untuk menggambarkan keadaan angin, tekanan udara, suhu, dan lain sebagainya. Menurut World Meteorological Organization (WMO) peta sinoptik dapat digambarkan seperti berikut:


Agar bisa lebih memahami tentang simbol sinoptik ini, cobalah perhatikan gambar berikut:

A. Tutupan awan. 
Memberikan informasi seberapa bagian langit tertutup awan. pada gambar di atas tutupan awan menunjukan angka 6/8. Pecahan yang digunakan biasanya adalah per 8.


B. Tekanan udara
Tekanan udara berdasarkan simbol adalah 979,8 mb. Cara membaca kodenya sebagai berikut

  • jika angka awal merupakan angka kecil (0,1,2,3,4,5,6) maka tambahkan angka 10 di depan angka simbol, selanjutnya tambahkan koma di depan digit terakhir, misalnya saja pada simbol tertulis 124, berarti tekanan udaranya 1012,4 mb.
  • jika angka awal merupakan angka besar (7,8,9) maka tambahkan angka 9 di depan angka simbol tadi, selanjutnya tambahkan koma di depan digit terakhir. Misalkan seperti simbol diatas 798, berarti tekanan udara adalah 979,8 mb
C. Temperatur udara
Simbol ini menujukkan suhu udara adalah 20 derajat C. Kalau angkanya tinggi seperti 50 bisa jadi satuan yang digunakan adalah Farenheit. 


D. Visibilitas
Vasibilitas adalah keadaan dapat dilihat dan diamati keadaan suatu cuaca. Simbol ini menunjukkan jarak pandang normal mata manusia. Pada gambar diatas menunjukkan 20 m.



E. Keadaan cuaca saat ini
Simbol di atas menunjukan keadaan moderat keadaan saat ini. 



F. Titik Embun
Titik embun berdasarkan simbol di atas adalah 14 derajat celcius. Simbol ini menunjukkan temperatur titik embun. Bisa saja dalam suhu Fahrenhit.



G. Angin
Simbol ini menunjukan arah datangnya angin. Batang pendek/panjang menandakan kecepatan angin. Pada gambar diatas arah angin dari tenggara dan kecepatannya adalah 15 knot. Cara membaca kecepatan angin dapat dilihat pada simbol dibawah ini.





Batang kecil = 5 knots
Batang panjang = 10 knot
Bendera = 50 knot



Sumber: Paket 1 Modul Meteorologi dan Klimatologi-ALC
Share on Google Plus

About Tuti Rina Lestari

Selamat datang di smartgeografi.com, refernsi belajar mudah seputar materi geo, olimpiade, fenmena, dan tips belajar mudah geografi.

0 komentar:

Post a Comment

Featured post

Siklon Tropis Dahlia

smartgeogrfai.com  - Fenomena alam akhir-akhir ini diramaikan dengan kehadiran Dahlia. Siapakah ia? Dahlia adalah nama bunga yang digunak...